Mengenal Beberapa Jenis Panel AMF ATS Yang Bisa Anda Miliki

Kebutuhan daya listrik yang tak bisa tergantikan membuat setiap industri membutuhkan sistem istalasi agar daya listrik tidak akan terputus. Dalam hal ini, setiap industri seringkali menerapkan instalasi panel AMF ATS untuk memindahkan penggunaan listrik dari PLN ke genset dan sebaliknya. Menariknya, instalasi panel ini bahkan memiliki beberapa jenis sebagai berikut.

3 Jenis Panel Automatic Main Failure (AMF) dan Automatic Transfer Switch (ATS)

1. Panel Menggunakan Kontraktor

Panel AMF ATS jenis ini dirancang menggunakan sistem kontak penggerak berupa kontraktor. Pasalnya, sistem ini dapat berfungsi secara otomatis untuk memindahkan penggunaan aliran listrik dari PLN ke genset maupun sebaliknya. Panel jenis auto yang satu ini bahkan bisa didapatkan secara mudah dengan harga yang cukup murah.

Namun, jenis panel yang satu ini termasuk sistem instalasi yang sangat rentan terkena gangguan. Sistem kontraktor ini memiliki kinerja yang harus memfungsikan seluruh komponen secara bersamaan. Untuk itu, anda tidak bisa menggunakan panel AMF ATS secara manual ketika terdapat kerusakan pada kontraktor. Anda bahkan harus mengganti mesin ini secara keseluruhan.

2. Panel Menggunakan COS Motorized

Panel Menggunakan COS Motorized

Anda juga bisa menggunakan panel instalasi yang menggunakan COS Motorized atau Motor Change Over Switch. COS Motorized ini juga memiliki sistem kerja yang sama untuk memindahkan penggunaan sumber listrik dari PLN ke genset dan sebaliknya. Kendati demikian, panel AMF ATS yang satu ini masih bisa digunakan secara manual ketika terjadi gangguan difungsi auto.

3. Panel Menggunakan Motorized MCCB

Selain itu, anda juga bisa memilih model penggerak motorized MCCB atau Moulded Cas Circuit Breaker sebagai sirkit untuk tegangan penengah. Panel AMF ATS yang satu ini seringkali digunakan untuk suatu industri yang membutuhkan daya listrik yang besar. Menariknya, panel yang satu ini memiliki keamanan yang sangat baik karena telah dilengkapi dengan pengaman pemutus tegangan.

Itulah beberapa jenis panel instalasi otomatis yang bisa digunakan untuk memindahkan penggunaan daya listrik dari PLN ke genset maupun sebaliknya. Tentunya, beberapa jenis panel dari ulasan di atas memiliki kelebihan yang disajikan dengan harga yang bersaing. Anda tentu bisa memilih salah satu jenis alat ini sesuai dengan kebutuhan industri yang dimiliki.

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *