Berikut Trik Dan Tips Pemeliharaan Panel AMF ATS Agar Tahan Lama

Genset atau generator set memang dapat membantu anda untuk mensuplai energi listrik ketika terjadi pemadaman. Begitu pula, penggunaan panel AMF ATS juga dapat membuat genset bekerja secara otomatis untuk memenuhi kebutuhan listrik. Kendati demikian, anda juga perlu melakukan beberapa perawatan terhadap panel ini agar dapat digunakan dalam jangka panjang. Berikut ulasannya.

Tips Jitu Merawat Panel Automatic Main Failure (AMF) Dan Automatic Transfer Switch (ATS)

1. Tutup Bagian Lubang Pada Setiap Komponen Panel Ini

Panel AMF ATS terdiri dari beberapa komponen sistem yang dihubungkan dengan kabel tertentu. Dalam hal ini, lubang yang biasanya menjadi tempat kabel sangat mudah dimasuki oleh hewan-hewan tertentu seperti tikus. Jika anda tidak menutup lubang pada komponen ini, panel ini dapat mengalami kerusakan dengan cepat karena gigitan tikus.

2. Lakukan Pemeriksaan Secara Berkala

Begitu pula, pemeriksaan ini juga dapat berfungsi untuk mengontrol kinerja panel AMF ATS agar selalu optimal. Anda bahkan dapat memeriksa kondisi baterai maupun tegangan level aki untuk menghindari percikan api. Pasalnya, baterai dengan kekuatan 12 V harus memiliki tegangan aki >12,5 VDC. Sedangkan baterai dengan kekuatan 23 V memiliki tegangan >27 VDC.

Memeriksa kondisi air radiator dan kondisi bahan bakar juga harus selalu dilakukan agar genset dapat bekerja dengan baik. Selain itu, anda juga perlu memeriksa kondisi oli agar selalu bersih dan hindarkan kabel generator agar tidak bersentuhan dengan sudut panas. Hal yang sangat direkomendasikan adalah anda perlu melakukan pemanasan panel AMF ATS setiap minggu ketika tidak digunakan.

3. Perhatikan Umur Spare Part Dari Setiap Komponen

Berikut Trik Dan Tips Pemeliharaan Panel AMF ATS Agar Tahan Lama

Setiap komponen spare part yang dihadirkan oleh alat mekanik selalu memiliki umur tertentu agar bisa berfungsi dengan optimal. Bahkan, beberapa komponen spare part yang telah melebihi batas penggunaan dapat menyebabkan kerusakan terhadap komponen lainnya. Anda bahkan perlu mengganti komponen panel AMF ATS jika telah melebihi batas yang ditentukan.

Sebagaimana mesin generator set, panel yang dapat menghadirkan suplai listrik secara otomatis ini juga perlu mendapatkan perawatan secara berkala untuk menghindari kerusakan. Anda bahkan bisa mengecek kondisi setiap komponen untuk mengetahui perubahan atau memperkirakan kerusakan yang dapat terjadi.

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *